followers

Rabu, 16 Maret 2011

Play Your Magic Hands #6 - Belajar Sulam Perca

Ketika terpikir untuk membuat kelas sulam perca di Play Your Magic Hands, pikiran kami langsung menuju ke satu orang yang menurut kami adalah orang yang tepat untuk menjadi tentor pada kelas ini. Siapa lagi kalau bukan Mba Sari dari Ammi-Abi. Karya sulam percanya membuat kami terkagum-kagum, dan ternyata beliau juga tak segan-segan untuk berbagi ilmu membuat kami semakin kagum saja. Mba Sari  setuju memenuhi permintaan kami untuk menjadi tentor di Play Your Magic Hands. yey!

Akhirnya kemarin sore di Play Your Magic Hands, Mba Sari memenuhi janjinya untuk berbagi ilmu membuat kreasi dari sulam perca. Berbagai keperluannya sudah siap sedia di tengah meja. Ada kain blacu sebagai kain dasarnya, kain perca dengan motif-motif menggemaskan, flanel, jarum jahit, benang sulam, gunting dan lem.


Pelajaran pertama dalam sulam perca adalah tusuk feston. Mba Sari memperlihatkan bagaimana cara membuat tusuk feston yang menjadi tusukan dasar dalam sulam perca. Selain tusuk feston, ada juga jelujur dan tikam jejak, juga penggunaan manik-manik untuk membuat aplikasi hiasan.


Setelah teman-teman menguasai teknik tusuk feston, barulah memulai tahap berikutnya yaitu membuat pola. Dari sini teman-teman bebas berkreasi dengan bahan-bahan yang ada. Pola digambar di atas kertas lalu dipotong dan menjadi mal untuk menggunting flanel dan perca. Ada yang menggambar burung hantu, pohon, burung dan lain-lain. Hasilnya? tentu saja, luar biasa kreatif.


Waktu tiga jam bagi teman-teman ternyata belum belum cukup untuk membuat sebuah karya sulam perca. Bukan karena tidak menguasai teknik membuatnya, tapi karena kreatifitas teman-teman yang ingin menempelkan berbagai macam hiasan pada karyanya hihi..


Walaupun kegiatan Play Your Magic Hands minggu ini berkutat dengan jarum, benang dan jahit-menjahit, ternyata cowok juga gak mau kalah lho. Ada Dimpil yang nyempil  di tengah-tengah peserta yang kebanyakan cewek :D. Play Your Magic Hands kali ini juga kami kedatangan peserta termuda bernama Tiara. Sayang sekali Tiara ngga berhasil membawa pulang giveaways, karena giveways minggu ini jatuh ke tangah Diah dan Puput. Selamat yaa..semoga plushie keychain dari kami berguna :)


Terimakasih sebesar-besarnya untuk Mba Sari yang sudah meluangkan waktu dan mau berbagi ilmu sulam perca bersama kami di Play Your Magic Hands. Sukses buat Ammi-Abi yaaa, dan semoga kita bisa berbagi ilmu lagi kapan-kapan :)

Minggu depan kita akan belajar membuat motif di kain dengan teknik sablon yang paling sederhana. Sampai ketemu di Play Your Magic Hands minggu depan!

10 komentar:

gelombangnestapa mengatakan...

ada free tutorialnya ga? pengen tau donk teknik2 tusuknya. makasih :D

OJANTO mengatakan...

oke oke
akan kami sediakan tutorialnya sebentar lagi :) ditunggu yaaa

terimakasih sudah mampir :D

ndutyke mengatakan...

OMG serius deh pengen belajar lagi caranya membuat tusuk feston yg baik dan benar...

OJANTO mengatakan...

asiiiikk!! banyak yang mau belajar jadi semakin menyenangkan.. kalau tusuk feston itu, mau gak mau emang mbak Sari jago sekali.. :D hihi..

Anonim mengatakan...

mohon bantuannya dong...
supaya kain perca yg akan diaplikasikan pinggirannya rapi gmn caranya ya? biasanya kan 'mbradul' gt, jd ga rapi..bagi tipsnya ya..thx u

OJANTO mengatakan...

hallo...

nah, biar gak mbradul, kami biasanya pake lapisan viselin.. coba tanya saja di toko2 jahit atau kain di seputaran kotamu..

lapisan itu ditempelin di bagian belakang kain.. abis itu disetrika,
kalo kain yang mau diaplikasikan sudah ditempeli viselin, biasanya sudah tidak mbradul ketika dipotong membentuk pola apapun.. :)

selamat mencoba :D

Bee Wee mengatakan...

ijin nge'link' blog ini ya...

OJANTO mengatakan...

monggo.. silakan :)

Anonim mengatakan...

Kak, ini ga ada tutorialnya ya? hmmm... pengen banget belajar ini :)

OJANTO mengatakan...

Halloo..
mmm.. ada beberapa sih yang aku kasih tutorial..
nah, kalau kurang jelas, bisa tanya2 via email aja ya..
ada di contact itu..
:D

terima kasih sekali atas kunjungannya :D

Share This

Related Posts with Thumbnails