followers

Rabu, 09 Maret 2011

Play Your Magic Hands #5 - Belajar Membuat Paper Quilling


Bermain-main dengan kertas memang selalu menyenangkan. Tak ada habisnya jika kita mempelajari semua seni mengolah kertas seperti Origami atau paper-craft. Edisi Play Your Magic Hands kali ini kami kembali mengajak teman-teman untuk berkreasi dengan kertas, mempelajari seni paper-qulling.


Paper-quilling adalah seni menggulung kertas yang ternyata berusia cukup tua. Orang-orang Eropa mulai mengenal seni ini sejak abad ke-17. Ketika itu, paper-quilling disebut paper filigree atau roll work. Kreasi dari paper-quilling ketika itu banyak digunakan sebagai ornamen-ornamen religius. Kemudian seni ini sampai ke Amerika dan mulai berkembang. Hasil kreasinya tidak melulu dijadikan ornamen religius, namun mulai diaplikasikan pada macam-macam benda seperti kotak perhiasan, baki dan juga tatakan gelas. Di Indonesia sendiri, paper-quilling mulai dikenal luas. Dan beruntung sekali, kami mengenal seorang teman yang baik hati yang mau membagi ilmu menggulung kertas-nya di Play Your Magic Hands :)

Perkenalkan teman kami Brinalloy, yang akrab kami sapa dengan panggilan Beje. Beje sudah mengenal paper-quiling sejak SMA. Walaupun belum terlalu serius menekuninya, Beje sudah membuat banyak karya yang bisa diintip di blognya. Menurut Beje, yang membuatnya jatuh cinta dengan seni ini adalah warna-warni dan detail pada hasil kreasi paper-quilling yang indah. Dan sepertinya memang bukan cuma Beje yang jatuh cinta pada seni ini, terbukti dari jumlah teman-teman yang hadir, dua meja yang disediakan FoodFezt sampai tidak cukup menampung kami semua.

Meja sudah ditambah, teman-teman pun sudah siap menggulung-gulung kertas dan membuat karya paper-quilling. Beje dengan telaten memperlihatkan bagaimana cara menggulung kertas yang benar. Di sini teman-teman diperkenalkan dengan beberapa istilah dalam paper-quilling, seperti tight circle, loose circle, teardrop, leaf square, love, triangle, human eye dan leaf, dan sekaligus mempelajari bagaimana cara membuatnya.

Hanya perlu melihat sebentar bagaimana Beje membuat gulungan-gulungan dasar, setelahnya teman-teman langsung sibuk menggulung-gulung kertas kecil nan panjang itu. Dan seperti biasa, teman-teman yang hadir di Play Your Magic Hands selalu saja mengejutkan kami dengan karya-karya mereka yang hebat. Lihat saja hasil karya teman-teman yang hadir sore kemarin.

Di penghujung sore, ketika satu persatu teman-teman mulai menyelesaikan karyanya, kami sedikit mencuri perhatian dengan mengundi giveaway Play Your Magic Hands. Giveaway kali ini berupa totebag polos yang jatuh ke tangan Nadia. Selamat yaaaa :) Oya, Nadia juga berjanji untuk datang lagi minggu depan di kelas sulam-perca, untuk menghias tote bag polosnya :D


Aah, ternyata mempelajari seni paper-quilling memang sangat menyenangkan. Satu ilmu lagi bertambah, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih sejuta banyaknya untuk Beje yang telah bersedia membagi ilmunya dengan kami. Terimakasih juga tentunya untuk teman-teman yang sudah hadir dan bermain bersama di Play Your Magic Hands.

Minggu depan kami akan kembali ditemani oleh seorang teman yang akan mengajarkan seni sulam-perca. Siapa ya??  coba intip dulu saja di sini. hehe. Sampai jumpa minggu depan ya!

ditulis oleh : Putri

10 komentar:

brinalloy mengatakan...

Terimakasih ya, kakak :D

OJANTO mengatakan...

terima kasih juga Kakak BJ.. (-:
seneng sekali (-:

dimpil mengatakan...

gara-gara karya paper quilling di bawa pulang, keponakanku jadi pgen ikutan dateng.

OJANTO mengatakan...

asiikk! ya sudah diajakin aja Kak Dimpil.. :D pasti seru!!! ayo ayo! :D

Syamsul mengatakan...

wah ternyata quilling disana sudah cukup dikenal dan sudah banyak disuka yah..
terkadang hal yang begitu sederhana bisa menjadi sangat indah..
semoga kita bisa menjadi sahabat quilling, saling menginspirasi dan berbagi kreatifitas..

salam

sq-pq.blogspot.com

OJANTO mengatakan...

halo mas Syamsul, terimakasih sudah mampir jauh-jauh dari Medan :D

karya paper quillingnya keren!! hehe..kami tunggu karya-karya barunya yaaa :)

Andika Satya Wisnu mengatakan...

waah keren ada komunitasnya..
itu domisilinys dimana ya? di kotaku belum ada komunitasnya ni..
seru tu kalau ada tutorial bareng gitu :)


oiya.. mampir ke blog ku ya:D
http://simplequilling.blogspot.com/

OJANTO mengatakan...

hai Andika, ini saya di jogja kok.. kalau untuk komunitasnya.. km bisa langsung klik magicfingerssyndicate.blogspot.com

terima kasih sudah mampir ya :)

salam.

Andika Satya Wisnu mengatakan...

wiiiw.. aku juga di jogja ni :D
ternyata se-kota..

OJANTO mengatakan...

iya.. monggo silakan join aja mas :)

Share This

Related Posts with Thumbnails