followers

Selasa, 26 Oktober 2010

Felt Doll Sarjana :)



WAW! Senang sekali rasanya, karena menemukan seorang kawan yang suka membuat D.I.Y project juga. Kami bertemu dengan Damar Wijayanti, masih tercatat sebagai mahasiswi di FISIPOL UGM. Dalam kesempatan kali ini, Damar memberikan tutorialnya dalam membuat Felt Doll Sarjana atau Wisudawan. Sederhana, tapi personal! Mari disimak bersama-sama :) 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Apa yang biasa kamu kasih ke saudara, pacar, atau temen deket yang lagi wisuda sebagai ucapan selamat? Bunga? Yap! Biasanya bunga memang jadi pilihan yang populer, apalagi karena harganya yang terjangkau. Tapi sayangnya, bunga nggak bisa bertahan lama. Nah, kami coba menawarkan sebuah alternatif “gift” lucu untuk wisuda yang harganya juga sangat terjangkau. Kelebihannya, gift ini bertahan sangat lama dan sangat personal. Penasaran?
Namanya felt doll. Mungkin memang sudah banyak yang menjual boneka seperti ini. Tapi kalau kamu bisa bikin sendiri dan memberikan sentuhan personal biar bonekanya “mirip” sama orang yang mau kasih gift, kenapa nggak? Caranya nggak terlalu ribet dan biaya yang kamu butuhkan pun nggak akan melebihi biaya untuk membeli serangkai bunga. Yang kamu butuhkan adalah: kemampuan menjahit dengan tangan, ketlatenan dan ketelitian, dan tentu saja kreativitas. Sudah punya modal utamanya? Kalau gitu, ayo siapkan bahan-bahannya:
- Kain flanel warna kulit dan warna hitam (untuk bagian sepatu)
- Dakron
- Jarum dan benang jahit yang sewarna dengan kain flanel
- Benang wool untuk rambut
- Kain hitam untuk toga
- Karton bekas kemasan produk apa saja
- Lem
- Gunting
- Tambahan aksesories seperti pita, manik-manik, bunga mini, renda, atau gantungan jika boneka ini mau difungsikan sebagai gantungan kunci.

Siap? Ini dia cara bikinnya:

TAHAP 1 : JAHIT
1. Gunting kain flanel sesuai dengan pola kepala, badan, dan tangan (masing-masing 2 lapis). Nah, polanya bisa di download di sini. Silakan diunduh. :)
2. Jahit dan satukan dua lapisan pola dengan menggunakan teknik tusuk feston. Caranya, tusukkan jarum ke dua lapis kain dan tarik hingga ujung benang tersangkut di kain. Kemudian ulangi tusukan di sebelahnya dari arah yang sama. Tarik benang, namun sisakan sedikit celah (benang akan membentuk lingkarang kecil). Nah, masukkan jarum ke celah itu, lalu ulangi terus. Jangan lupa sisakan celah pada kain sekitar 3-4 cm untuk memasukkan dakron.

3. Masukkan dakron sampai kira-kira membentuk kepala, badan, dan tangan yang padat, lalu tutup celah dengan tusuk feston sampai semua tertutup rapat.


TAHAP 2: BAJU DAN TOPI
1. Nah, sebelum mulai menyatukan semua anggota tubuh, kita bikin dulu baju toganya. Caranya mudah, tinggal gunting kain hitam membentuk lingkaran, dengan diameter yang disesuaikan dengan tinggi badan boneka. Jangan sampai kepanjangan yaa. Nah, setelah itu, bikin celah agak panjang di tengah-tegah lingkaran, fungsinya untuk memasang baju toga ke leher boneka.

2. Untuk topi, kamu cukup membungkus karton yang telah dipotong sesuai pola dengan menggunakan kain hitam. Tempelkan juga gelang dari karton (yang juga sudah dibungkus kain hitam) ke bagian bawah topi.

TAHAP 3: RANGKAI
1. Bagian tubuh yang pertama kali harus dirankai adalah tangan. Karena kecil, tangan sudah cukup kuat walaupun hanya ditempelkan dengan lem, tanpa dijahit.

2. Selanjutnya, pasang baju toga dengan memasukkan leher boneka ke celah yang sudah dibuat. Setelah itu, baru kita bisa memasang kepala dengan cara menjahit leher boneka ke bagian belakang kepala. Perkuat dengan lem juga ya..

3. Agar kelihatan rapi, jahit baju pada satu titik di bawah ketiak boneka. Ini akan membuat baju toganya seolah-olah berlengan.
4. Tambahkan mata sesuai selera, bisa dengan manik mata palsu, atau dengan menggunting kain flanel hitam dan menempelkannya dengan lem.
5. Sebelum memasang rambut, kaitkan ring gantungan kunci ke jahitan di puncak kepala.
6. Untuk rambut, gunakan wool dan tempelkan dengan lem ke seluruh permukaan kepala. Tips untuk rambut cewek, bentangkan beberapa potongan wool (cukup tebal) lalu buat ikatan di tengahnya untuk menyatukan seluruh wool menjadi satu bendel. Setelah itu tempel dan bentangkan di kepala.

7. Setelah rambut selesai di pasang, kamu tinggal memasang topi dengan memasukkan unjung ring gantungan melalui celah di tengah-tengah topi, lalu pasang ring yang lebih besar pada ujung ring tersebut.


TAHAP 4: FINISHING
1. Tempelkan pita yang cukup panjang di atas topi dan buat agar menjuntai seperti topi wisuda.
2. Tempelkan pita di sekeliling leher bonek, lalu tempelkan juga manik-manik emas di tempat bersatunya ujung pita, sebagai medali.
3. Tambahan untuk boneka cewek, kamu bisa bubuhkan blush on di kedua pipinya :)
4. Kamu juga bisa mengaitkan miniatur bunga palsu yang bisa kamu beli di toko pernak-pernik.

 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Well, terima kasih sekali, Damar! Pola potongan felt bisa didownload di sini. Silakan diunduh. :) 
buat teman-teman yang punya juga tutorial menarik, atau ingin berkirim pesan, atau 
sekedar bersapa, kami sangat terbuka. :) kirim email aja ke ojantowork@gmail.com
Jangan berhenti berkreasi sampai mati!

8 komentar:

martha puri mengatakan...

cute-imut!! <3
smoochies :*

OJANTO mengatakan...

yuhuuuuu... nuwuuuunn.. itu tutor dari teman kami mbak.. Damar namanya :)


lucu yaaa !! :D

ReBorn mengatakan...

hai ojan! lu kreatif banget. gw minta ijin follow ya. :)

OJANTO mengatakan...

hai, ReBorn!!

yep yep.. thanks banget yaa...
silakan, monggo, monggo.. :)


:)

stroberiHITAM mengatakan...

waaa sukaaa...jadi pengen cepet2 lulus supaya dapet boneka ini, hahaha x) ojan jogjanya dimana sih? pengen main kesana dong :)

OJANTO mengatakan...

he? masih kuliah juga yaa?? hahaha.. :p

kalo aku di daerah jakal, banteng..
kalo putri di daerah godean,
dan
kalo aris di daerah maguwoharjo

kamu sendiri dimana??

yuk yuk kopi darat dan ngobrol banyak :D

hehe :D

it will be nice to meet you :)

stroberiHITAM mengatakan...

ngoahahaha iya nih blom lulus2 x) sekarang lagi tugas akhir, pengennya sih berenti crafting sejenak, tapi apa daya gak bisa berenti :) aku di Janti Baru....semoga kapan2 bisa ketemu ya :)

OJANTO mengatakan...

waaa.. enak sekali sudah tugas akhir.. tinggal digarap dan selesai deh!!!! hahaha.. aku masih lamaaa... huhu...

eaaa... virus crafting membunuhmu ya.. hihi...

sip sip! kita harus ketemu secepatnya ya... hehe.. udah sejogja ini.. kemana-mana juga deket.. yuk yuk :)

nanti kabar2an ya..

ada twitter? fb?

nuwunn :)

Share This

Related Posts with Thumbnails