followers

Senin, 11 Juli 2011

On Day Monday #21 - Ben Fox and Kate Fielding from Wilurarra Creative, Australia

Membangun Komunitas Kreatif di Daerah Terpencil Australia

Perkenalkan dua teman baru saya, jauh-jauh datang dari negeri kangguru untuk mempelajari kebudayaan Jawa di Jogjakarta. Saya berkenalan dengan mereka dalam sebuah workshop yang mereka adakan di Lir Shop. Mereka mengadakan workshop menggambar mata dengan metode yang sangat menarik. Namun sebelum saya menceritakaan tentang workshopnya, marilah kita berkenalan dulu dengan dua orang luar biasa ini, penggagas Wilurarra Creative, Ben Fox dan Kate Fielding.

Ben Fox dan Kate Fielding adalah dua orang asal Australia yang mendedikasikan talenta mereka pada pengembangan komunitas. Community development mereka lakukan melalui berbagai kegiatan kreatif dibawah bendera Willurarra Creative. Ini adalah sebuah art studio yang dalam official website mereka dijelaskan sebagai Part arts space, part library, part internet café, part hair salon, part music studio: All creativity, all community. Kegiatan yang mereka lakukan di sini salah satunya adalah memberikan workshop kreativitas kepada penduduk lokal, seperti workshop menulis, membuat musik, hair-styling, memahat, dan banyak lagi.


Wilurarra sendiri merupakan bahasa setempat yang artinya western atau from west. Wilurarra berlokasi di Warburton, sebuah daerah yang cukup terpencil di Ngaanyatjarra Lands region, Australia. Sengaja dipilih lokasi ini karena pada dasarnya Ben dan Kate adalah petualang sejati. Kate bercerita pada saya, bahwa Warburton adalah daerah yang sangat indah, sebagian besar daerahnya merupakan padang luas dengan pemandangan yang luar biasa. Ditambah dengan penduduk lokalnya yang memang adalah suku asli Australia yaitu Aborigin, menjadi tantangan bagi mereka untuk bisa menggali potensi kreatifitas penduduk lokalnya. Hingga sekarang Wilurarra Creative sudah berdiri selama 8 tahun lamanya, waktu yang menurut saya cukup matang hingga akhirnya Ben dan Kate tidak lagi khwatir untuk meninggalkan studio mereka beberapa saat untuk datang ke Jogja.

Mengenai kunjungan mereka ke Jogja, Kate mengaku bahwa mereka dibuat jatuh cinta oleh kota ini. Agenda mereka di sini adalah mempelajari budaya Indonesia khususnya budaya Jawa. Beberapa agenda dadakan juga akhirnya terlakoni, seperti workshop kemarin salah satunya. 


Ben dan Kate mengadakan workshop menggambar mata di Lir Shop. Menurut saya, mereka memiliki metode workshop yang sangat menarik. Sebelum workshop dimulai, peserta melakukan senam sederhana, semacam gerakan-gerakan joget untuk peregangan. menarik bukan, belum mulai saja sudah menyenangkan begini hehe. Dalam workshop ini, kami tidak hanya semata-mata menggambar mata. Namun Ben dan kate juga menunjukkan kepada kami berbagai bentuk mata. Mulai dari mata manusia lengkap dengan strukturnya, hingga bentuk-bentuk unik mata hewan. Mereka juga menunjukkan cara yang dapat membantu kita untuk menggambar mata dengan baik. Ben mengatakan bahwa permukaan mata itu hampir seperti tetesan air yang dapat memantulkan cahaya. Ben meneteskan air ke bagian bawah gelas plastik, lalu meminta kami untuk memperhatikan dengan seksama dan mencoba menggambarkan tetesan air tersebut lengkap dengan pantulan-pantulan cahayanya. Dari sini dia mencoba menyampaikan bahwa menggambar mata yang benar tidak hanya sekedar menggambar bagian putih dan hitamnya saja, tapi juga harus disertakan tekstur lainnya seperti pantulan cahaya di permukaan mata. Selain itu kami juga diajarkan menggambar berbagai ekspresi mata, ketika sedih, marah, atau senang. Kemudian sebelum sampai pada kegiatan workshop yang terakhir, Kate kembali meminta kami untuk berjoget-joget kecil untuk peregangan. Setelah itu, the fun part begin. Workshop ini diakhiri dengan melukis mata sesuka hati pada potongan kayu yang sudah dibentuk menyerupai mata. Yang paling menyenangkan adalah, kami bebas menggambar dan menginterpretasikan mata dalam bentuk dan warna apa saja. Dan seperti inilah hasilnya..


Setelah selesai, mata-mata kami lalu digantung dan dipamerkan :D


 
Bagi saya ini merupakan pengalaman workshop yang sangat menyenangkan. Suatu kehormatan dapat berkenalan dengan dua orang hebat ini. Di akhir wawancara Ben dan Kate memberikan rahasia sukses mereka sekian tahun berpartner, "you have to work on it, do fun and silly things together" begitu kata mereka. Ah, Can't agree more, don't we? :)

Buat teman-teman yang ada di Jogja, jangan lupa pasang kuping dan lebarkan mata. Siapa tau Ben dan Kate berkenan untuk mengadakan workshop-workshop menarik lainnya. Pasti akan sangat menyenangkan!

Ben Fox and Kate Fielding from Wilurarra Creative, Australia
up close and personal with their works here :

2 komentar:

Chesiria Tattia mengatakan...

ben and kate berencana mengunjungi jakarta ngga ya ? pengen ketemu deh sm mereka..:)

OJANTO mengatakan...

hai Tattia :)
mmm.. coba diemail aja.. siapa tau mereka mau mampir.. hehe

btw, terima kasih sekali ya tulisan di blogmu :)

salam hangat

Share This

Related Posts with Thumbnails