followers

Senin, 25 April 2011

On Day Monday #14 - Elia Nurvista

Si Penyulap Awul-Awul
Saya selalu kagum dengan orang-orang yang mampu menyulap barang bekas menjadi sesuatu yang memiliki daya guna lebih. Ditambah lagi dengan hasil sulapan yang ciamik membuat mata termanjakan oleh bentuknya yang unik. Elia Nurvista, adalah salah satu orang yang memiliki kemampuan itu. Ditangannya, baju-baju bekas berubah menjadi dompet-dompet cantik berwarna-warni.


Berawal dari hobinya berburu baju-baju seconhand (di Jogja populer dengan istilah awul-awul), Elia bersama dengan temannya, Dina, memulai usaha membuat dompet-dompet yang diberi label Simalakamma. Baju-baju bekas ini memiliki motif dan corak yang luar biasa indah, namun tidak sedikit dari baju-baju itu yang tidak dapat digunakan. Entah karena bentuknya yang tidak sesuai, ukurannya yang tidak pas, atau beberapa bagian yang rusak karena usia. "ketoke ki mendingan diganti dadi liane malah karuan le faedah" (kayaknya tuh lebih baik diganti jadi barang lain malah lebih berfaedah) ujar Elia mengenai baju-baju bekas yang dibelinya. Dari sinilah Elia mulai membuat barang-barang baru seperti tas, pouch dan dompet menggunakan bahan dari baju awul-awul.

Melihat produk-produk yang dihasilkan Elia rasanya seperti melihat sebuah karya seni. Menurutnya, latar belakang pendidikannya di Institut Seni Indonesia jurusan desain interior banyak memberikan pengaruh dalam proses kreatifnya. Tidak hanya menciptakan sebuah desain dan perpaduan motif yang unik, Elia juga menggabungkan beberapa teknik untuk menciptakan produknya. Saat ini, Elia banyak menggunakan teknik hand-stitching dan sablon pada setiap produk yang dihasilkannya. Tapi tentu saja dia tidak akan berhenti sampai disitu, Elia berencana utnuk terus mengeksplor teknik-teknik lain untuk memperkaya produk-produk Simalakamma.


Selain membuat produk, beberapa kali Elia juga membuat karya seni yang sempat dipamerkan. Seperti foto diatas contohnya, adalah beberapa karyanya yang merepresentasikan kecintaannya akan sepatu.


Terimakasih obrolan hangatnya, Elia. Tak sabar ingin berkunjung kembali untuk secangkir blackcurrent tea dan biskuit :D 

Jika ingin berkenalan dengan Elia, silakan berkunjung saja ke blog dan facebooknya :)
http://simalakamma.blogspot.com/
http://www.facebook.com/profile.php?id=759412990
atau kontak mereka di email simalakama[at]gmail[dot]com

ditulis oleh : Putri
foto oleh : Ojan

4 komentar:

dimpil mengatakan...

wah apik, edisi yang ini inspiratif banget.

OJANTO mengatakan...

siap! Elia memang inspiratif buat kami juga, Pil.. :) thanks for visiting ya :)

kuwacikecil mengatakan...

uwoooww!! elia!! cihuy sekalii!! :D sukaksukak

OJANTO mengatakan...

cihuy! thanks for visiting Kak Ria :D :D

Share This

Related Posts with Thumbnails