followers

Minggu, 24 April 2011

SINDIKASI TOBUCIL : Berkolase Itu Mudah!

Halo-halo Bandung!
kabar menarik dari Kota Kembang ini merupakan program sindikasi antara Ojanto dan Tobucil Handmade, dimana setiap minggunya kami akan bertukar cerita antara Jogjakarta dan Bandung :)
  
Hola-hola! Tobucil handmade lagi-lagi kedatangan pembuat kolase! Yap, setelah beberapa bulan yang lalu sempat hahahihi bareng Billy Anjing, kali ini, sambil menikmati bakwan dan menyeruput kopi hitam, pergunjingan mengenai kolase mampir melalui hohohehe bareng Ika Vantiani, seorang pembuat kolase yang juga punya hobi bikin craft dari bahan kain-kain vintage. Mari, ah, disimak dengan takzim…

Sejak kapan, nih, Ika bikin-bikin kolase? Ceritain dong…
Kalau bikin-bikin sudah dari tahun 2008. Nah, kalau kenal kolase pertama kali waktu bikin zine tahun 2000. Tapi waktu itu kolase cuman buat bikin zine aja, baru tahun 2008 melihat kolase sebagai sebuah tehnik berkarya yg serius. Nah, karena saya enggak bisa gambar tapi pengen bikin karya seni dan waktu itu sering liat blog-blog artist and crafter dari Amerika, saya merasa, ah, kayaknya gue bisa nih bikin. Lalu mulailah gue bikin kolase pertama kali dan tidak pernah berhenti hingga hari ini.
Hmm… Kenapa kamu melihat kolase sebagai karya yang serius?
Maksudnya begini, dulu, kan, saya berkolase untuk bikin zine aja. Nah, sekarang berkolase untuk membuat karya yang memang saya ingin plus juga bisa dijual dan semoga suatu hari nanti bisa menghidupi saya. Jadinya dibawa ke tingkatan yang beda dari sebelumnya. Makanya berkolasenya jadi lebih tekun, lebih serius gitu.
Amin... bagi-bagi ya kalo laku, hehe. Nah-nah, menurut kamu, sebenarnya apa yang menarik dari kolase?
Nah, saya kan nggak bisa gambar dan selalu pengen bisa. Kolase kemudian membuat saya bisa memproduksi karya seperti gambar dengan hanya menggunakan gunting lem aja. Empowering banget! Tehniknya mudah, bahannya juga tapi bisa bikin karya yg hasilnya seru-seru dan ternyata memang tidak banyak, ya, artis kolase disini. Terus, kolase sendiri  walaupun sederhana tapi memang bukan tehnik membuat karya seni yang umum diketahui orang juga, soalnya saya masih seriiiiiiiing banget dapet pertanyaan kayak kolase itu apa? (selanjutnya baca di sini)

Tidak ada komentar:

Share This

Related Posts with Thumbnails