followers

Rabu, 18 Mei 2011

REPORT : CRAFTY DAYS #5 – Tobucil, Bandung

Kronologi perjalanan kami ke Bandung akhirnya berhasil kami rangkum. Silakan (-: 

12 Mei 2011. Kami kembali menginjakkan kaki di kota Bandung. Turun dari kereta dan langsung disambut udara dingin yang familiar. Halo halo Bandung, kami datang lagi :)

13 Mei 2011. Kedatangan kami bukan untuk berlibur. Kali ini kami datang membawa dua tas besar berisikan produk-produk baru yang siap diperkenalkan di Crafty Days #5. Walaupun tidak untuk liburan, sempatlah di hari ini kami menyambangi gang Tamim. Sekedar melihat-lihat, dan membeli semeter-dua meter bahan ciamik untuk produk berikutnya :D

14 Mei 2011. Hari ini adalah hari pertama Crafty Days dimulai. Crafty Days merupakan event tahunan yang diadakan oleh Tobucil n Klabs. Perpaduan bazaar barang-barang handmade, workshop, forum diskusi dan musik sore yang diselenggarakan dalam 2 hari berturut-turut. Tahun ini Crafty Days sudah memasuki tahunnya yang ke-5.


Pukul 9 pagi, stand kami dan beberapa stand lainnya sudah siap menyambut pelanggan. Ternyata tak perlu menunggu lama, postcards menjadi pembuka transaksi di stand kami hehe. Di hari pertama ini, beberapa workshop kerajinan tangan diadakan. salah satunya adalah workshop keramik dari Kandura yang dipandu langsung oleh keramikus favorit kami, Tisa Granicia. Ojan berkesempatan mencoba membuat keramik menggunakan alat putar. Susah katanya, prosesnya tidak mudah namun menyenangkan. Tisa berjanji akan membakar dan mengirimkan semua hasil keramik selama workshop berlangsung. Kita nantikan saja hasilnya hehe.

Sekitar pukul 3 sore, forum diskusi dilangsungkan. Kami merasa tersanjung didaulat oleh Mba Tarlen Tobucil untuk menjadi salah satu pembicara, bersanding dengan beliau, Ika Vantiani, dan juga Puri dari Idekuhandmade. Topik yang diangkat dalam forum diskusi adalah Craftypreneur, membahas tentang bagaimana memulai usaha crafting, membangun komunitas dan tips untuk berjualan via www.etsy.com. Lebih detail mengenai forum diskusi ini akan dibahas di posting berikutnya. Yang jelas, banyak sekali ilmu yang kami dapatkan dalam forum diskusi ini.

Hari pertama Crafty Days #5 berlangsung dengan cukup lancar. Hujan akhirnya turun di sore hari setelah mendung seharian. Untunglah hujannya tidak seberapa menganggu jalannya Crafty Days. Di hari pertama ini juga akhirnya kami berkenalan secara langsung dengan orang-orang hebat yang selama ini hanya kami kenal melalui blog. Ada Puri dari Idekuhandmade, Mba Ika dari Vantiani, Mba Mei Suling dari Omma Anna, Mba Angel dari Paperpleased, Sheila D, Arum dari Pyur!, dan lain-lain.

15 Mei 2011. Crafty Days hari ke-2. Belum juga kami selesai menata barang-barang dagangan, segerombolan pengunjung sudah datang menghampiri Crafty Days. Gak heran memang, untuk hari Minggu semacam ini, Bandung menjadi lautan wisatawan. Mungkin juga karena letak Tobucil yang berada di tengah-tengah area padat wisata, jadilah Crafty Days menjadi magnet bagi mereka.

Beberapa workshop yang diadakan di hari ini adalah workshop scrapbook, workshop membuat boneka Mogu dari pom-pom, dan workshop membuat boneka owl oleh Puri Idekuhandmade. Saya merasa cukup beruntung bisa ikut membuat boneka owl a la Idekuhandmade yang fenomenal itu, walaupun hasilnya kurang memuaskan haha. Sepertinya Puri memang masternya deh kalo soal owl-owl-an hihi. Ada satu lagi workshop membuat boneka yang kami ikuti. Tapi kali ini kami mengikuti workshop secara privat :p membuat boneka Mogu dari pom-pom, dipandu langsung oleh kak Moelyana dari The Mogus. Hasilnya? lumayan absurd haha..

menjelang sore, Musik sore mulai mencuri perhatian. Hujan kembali turun. Kali ini cukup deras. Namun alunan musik dari auditorium tobucil membuat sore itu jadi lebih syahdu..dududu..

Hari terakhir Crafty Days #5 juga berlangsung lancar. Hujan memang lebih deras dari hari kemarin, namun kami bisa tersenyum puas sambil membereskan meja kami. Yang menarik dalam dua hari berlangsungnya Crafty Days adalah sambutan yang kami terima untuk produk-produk baru. Seperti Helvetotebag baru yang menggunakan beberapa paribasan Jawa ternyata banyak digemari oleh orang-orang yang tidak begitu mengenal bahasa Jawa. Printed Fabrics kami yang pertama juga menarik banyak perhatian. Teman-teman crafter dari Jogja yang terangkum dalam On Day Monday Zine juga banyak dilirik. Begitu juga dengan Postcards yang paling banyak terjual, sekali lagi membuktikan bahwa tradisi berkirim kartu pos masih sering dilakukan :)

Kesimpulannya, dua hari Crafty Days memang merupakan hari yang menyenangkan. Semoga cita-cita Mba Tarlen membawa Crafty Days ke Jogja bisa terwujud di tahun depan. Kami siap membantu!

16 Mei 2011. Pulang ke Jogja, membawa banyak cerita yang tak bisa tersampaikan satu-satu dalam posting ini. Juga membawa oleh-oleh luar biasa ini :D

Selai Jeruk Melati Omma Anna
Wawbaw X Vitarlenology Notebook
Mug Kandura
Postcards dari Vantiani
Bantal Wood-Cut Printing dari Derau (terimakasih Mba Puti dan Mas Agung :)
Patches dari Derau
Ceramics Button dari Derau
Mustache Keychain dari Ocarol
Postcards dari Danang dan Acul - Majemuk Zine
Majemuk Zine (Universitas Mercu Buana, Jakarta)
Benang rajut dari Tipi dan Rinja
New York Series notebook dari Vitarlenology
hasil workshop - Owl Plush dari Idekuhandmade
hasil workshop - Mogu dari The Mogus
-
Terimakasih Tobucil, atas undangannya. Terimakasih Mba Tarlen atas hospitality-nya. Terimakasih juga untuk teman-teman baru kami dari Bandung dan Jakarta. Semoga bisa bertemu lagi secepatnya. Sampai jumpa di Crafty Days #6 tahun depan!

ditulis oleh : Putri.

5 komentar:

Paulus mengatakan...

(*iri berat)

hehehe...

OJANTO mengatakan...

duileee.. hahaha :D
santai aja bang.. :p

Nadiyah Tunnikmah mengatakan...

wah..seruuu ya...ayo bikin crafty day di yogya :)

vita@kriyalea mengatakan...

kemaren aku sempat mampir ke stand-nya ojanto.. :) tadinya mo balik lg setelah keliling2, tp sayang gak bisa lama2 karena si kecil rewel.
sukses yah Ojanto!!

OJANTO mengatakan...

Mbak Nadiyah :
ayo ayo... mari tahun depaaaan :D yeey!

Vita :
terima kasih sekali sudah mau mampir..
kami juga senang..
terima kasiiiiiiiiiiiiiih :D

Share This

Related Posts with Thumbnails