followers

Senin, 09 April 2012

On Day Monday #34 - Khaf Wooden Toys

Selalu saja menyenangkan kalau sudah mendengar tentang permainan. Banyak sekali kreator-kreator mainan yang begitu kreatif dan menawarkan kelebihan produknya masing-masing. Nah, kali ini kita akan bertemu dengan Mas Gazali, seorang pria Bekasi yang begitu tekun dalam mengolah kayu untuk dijadikan mainan. Produk-produknya bernaung dibawah sebuah merk Khaf Wooden Toys. Untuk jauh lebih tahu soal Mas Gazali dan Khaf Wooden Toys-nya, mari kita simak cerita berikut ini. :)


Apa sih cerita di balik nama Khaf Wooden Toys? Siapa saja yang berperan di sana?
Awal ceritanya ingin membuat mainan yg aman berbahan kayu untuk anak saya dirumah. Nama Khaf sendiri saya ambil dari singkatan nama kedua anak saya yaitu, Khansaa' & Hafshah lalu saya tambahkan kata Wooden Toys untuk memastikan bahwa produk kami ini terbuat dari bahan kayu.


Saya melihat Khaf Wooden Toys memang memfokuskan diri ke woodworking, bolehkah dijelaskan secara teknis, bagaimana membuat produk-produk kalian? menggunakan material kayu apa? lalu menggunakan alat apa?
Pertama2 saya tentukan disain lau saya gambar diatas kayu. Alat yang saya pergunakan ialah scrollsaw/gergaji mesin, bor, gerinda dll. Untuk kayu saya menggunakan kayu bekas pallet jenis kayu pinus/jati belanda.


Apa sih alasan di balik penggunaan kayu sebagai material untuk mainan anak2 ini?
Karena kayu sangat mudah ditemui dilingkungan saya, terutama kayu bekas. Kayu juga aman dan alami, memiliki tekstur dan warna yg selalu bervariasi.


Apa saja kelebihan mainan anak2 produksi Khaf Wooden Toys ini?
Kelebihannya kami tidak menggunakan cat, walaupun banyak merk cat yg menawarkan produk non toxic tetapi pastinya tetap berbahan kimia. Selain itu juga kami ingin menampilkan tekstur kayu tersebut yang sebenarnya sangat indah dan natural pada setiap karya-karya kami.



Apa yang ingin kamu sampaikan melalui karya2mu di Khaf Wooden Toys?
Belilah produk2 yang ramah lingkungan dan cintailah produk dalam negeri, kalau bukan kita siapa lagi? :)

Apa saja hambatan yang dialami?
Hambatannya saya belum memiliki tempat produksi/workshop karena saya masih menggunakan teras rumah ukuran 2x4m. Semoga dalam waktu dekat ini bisa terealisasikan.

Apa mimpi2 ke depan Khaf Wooden Toys?
Mimpi2 kami ialah ingin menjadi tuan rumah di negeri sendiri sebagai produsen mainan anak yang berbahan aman dan ramah lingkungan.



Apa quotes favorit Mas Gazali?
Wooden toys the art of nature :)


Nah, begitulah secuil cerita dari Mas Gazali yang menekuni kreasi kayu. Untuk rujukan lebih lanjut, silakan klik link-link dibawah ini ya.. Semoga bisa menginspirasi kita semua. Ondee Mandeeee... :)

6 komentar:

Nana mengatakan...

woww... kreatif banget!!!
two thumbs up!

OJANTO mengatakan...

yey!! emang keren Khaf Wooden Toys.. terima kasih sudah mampir..
salam kenal :)

Ojan.

Ekbess mengatakan...

selalu berterima kasih atas cerita-cerita On Day Monday nya Ojanto... :)
selalu keren!

OJANTO mengatakan...

hihihi.. maturnuwun mba Ekbess :))

salamatahari mengatakan...

Unyu sekali, apa lagi yang mobil pemadam kebakaran deket dedaunan itu. Gemes =)

OJANTO mengatakan...

lucuk yaaaaa hihihi :D

Share This

Related Posts with Thumbnails