followers

Senin, 20 Juni 2011

On Day Monday #18 - Dito Yuwono

Have You Met Dito Yuwono?
 
Jujur saja, sepak terjang seorang Dito Yuwono baru saya ikuti setelah berkenalan dengannya sekitar sebulan yang lalu. Sebelumnya, saya hanya sempat mencuri-curi dengar tentangnya dari obrolan beberapa teman. Katanya sih Dito Yuwono ini adalah seorang fotografer gigs yang andal. Katanya juga, dia punya beberapa project foto personal yang merekam detail-detail wajah banyak orang. Benarkah begitu? mari kita langsung saja berkenalan dengannya, Dito Yuwono.
 

On Day Monday kali ini memang sedikit berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Dito Yuwono bukan seorang crafter yang lincah memainkah tangan-tangan ajaibnya dan membuat sesuatu. Tapi bukan berarti dia tidak memiliki tangan ajaib itu. Justru dari tangan ajaib inilah lahir banyak jepretan mengagumkan, yaitu karya-karya fotonya.


Seperti kebanyakan fotografer lainnya, Dito mempelajari fotografi dari bangku perkuliahan dan beberapa short-course yang diikutinya. Dia mulai serius dengan dunia ini ketika menjadi reporter untuk sebuah media, sampai akhirnya kemampuan fotografinya banyak dikenal melalui hasil jepretan dari banyak gigs atau acara musik di Jogjakarta. Sebenarnya sampai sekarang Dito lebih dikenal sebagai fotografer gigs, tapi ternyata di balik itu dia lebih ingin dikenal sebagai fotografer yang memiliki karya-karya foto personal melalui project-project fotonya.


Jika berkunjung ke website pribadinya, kita akan melihat beberapa project foto yang pernah dan sedang dilakukannya. Project terakhir yang masih berlangsung sampai dengan saat ini adalah project foto "Have We Met" dimana dia mendokumentasikan wajah orang-orang yang ditemuinya. Idenya sesederhana berkenalan. Jika biasanya kita berkenalan dengan saling berjabat tangan dan menyebutkan nama, melalui project ini Dito mengajak berkenalan melalui wajah. Terkadang ketika kita berkenalan dengan seseorang, memori kita yang terbatas membuat kita sulit mengingat nama dan identitas sosial seseorang. Namun wajah, dengan detail yang spesifik dan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, menjadi identitas yang sulit terlupa. Mungkin inilah contoh konkrit dari alasan kecintaannya dengan fotografi. Menurutnya karya fotografi adalah karya yang personal, dan jelas saya bisa melihat ini melalui project-project fotonya.

 
Project foto yang lahir dari seorang Dito Yuwono mungkin adalah salah satu dari sekian banyak langkah yang akan mendekatkannya pada cita-citanya. Sebenarnya cita-citanya sederhana saja, bahwa dia ingin berbuat sesuatu dengan medium foto. Dan menurutnya, apa yang dilakukakannya sekarang sudah mendekati apa yang dicita-citakan.

Banyak sekali sebenarnya cerita dan insight menarik dari Dito. Tapi saya takut kalau tulisan ini menjadi sangat panjang dan bertele-tele. Apalagi setelah mengetahui bahwa Dito juga adalah seorang penulis yang baik. Maka daripada saya menjadi semakin minder, saya sarankan silakan langsung berkunjung ke website pribadinya, atau berkenalan langsung dengannya. Jangan khawatir, Dito orangnya ramah kok, seperti burung kenari yang senang berteman. Bukan begitu, Mas Dito? hehe..
 
 
Dito Yuwono
 
ditulis oleh : Putri
foto : Dok. Pribadi

7 komentar:

dimpil mengatakan...

wedan..MD (mas Dito) adalah burung kenari yang ramah? asik. sukses mas dito

OJANTO mengatakan...

hello Dimpil, bangga ya punya temen kayak MD hihi..

kami tunggu pamerannya lho Mas Dito :D

Dito Yuwono mengatakan...

horotoyono...*malu aku

sandi kalifadani mengatakan...

aw aw... hidup MD Melinda Dee

Ajeng Sitoresmi mengatakan...

mungkin sudah pernah, mungkin sudah sering, tapi tak ada salahnya dikasih lagi..
http://poyenghobby.blogspot.com/2011/06/stylish-blogger-award.html
salam :)


always love your post ojan :D
#biasa jadi silent reader

Widuri mengatakan...

Wiiih ditoo,,hay2 lm tak bersua,,ha3 setujuu dito is a gigs photografer(hax mrasa pnah d potoin d sbuah gigs:P). bekunjung k web ny dito ahhh yuuuk...:D

OJANTO mengatakan...

Mba Ajeng :
aaaaa.. terima kasih sekaliii awardnyaa.. hihi :D
salaaamm :D

Widuri :
yuuukk.. mari mari mari :D
memang memesona orang itu! :D

Share This

Related Posts with Thumbnails