followers

Kamis, 16 Februari 2012

Proses Menuju Kebun Binatang Ojanto (-:

Tidak pernah kami bayangkan sebelumnya bahwa kesempatan ini datang lebih cepat dari yang kami duga. Kami pernah bermimpi tentang menggelar sebuah pameran sebelumnya. Walaupun begitu, Ketika Dito dan Mira menawarkan kesempatan ini,pada awalnya kami ingin menolak dengan pertimbangan waktu yang terlalu singkat. Namun setelah memikirkannya kembali, dan meminta pendapat sana sini, kami sampai pada keputusan untuk melakukannya. Tidak ada alasan yang cukup masuk akal untuk menolak kesempatan emas ini. So lets do it!

Dalam mewujudkan pameran ini, ada beberapa proses yang kami jalani dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 3 minggu. Mulai dari sebuah ide yang tidak dapat disentuh, sampai hari dimana semua orang dapat menikmati karya kami, beginilah prosesnya.

Tema dan Kebun Binatang
Mencari tema menjadi awal dari proses ini. Dan ini bukan hal yang mudah. Banyak ketegangan dan beda pendapat yang terjadi. Tapi akhirnya, kami sepakat mengangkat bentuk-bentuk hewan dalam kebun  binatang sebagai tema pameran.

Sebagai permulaan, kami mengadakan riset kecil-kecilan dengan berjalan-jalan ke Kebun Binatang Gembira Loka. Kami mengumpulkan foto hewan-hewa yang ada di sana, kami melihat dan merasakan seperti apa sebuah kebun binatang yang sbenarnya, agar dapat membayangkannya dalam imajinasi kami.

satu-satunya kebun binatang di Jogja - Gembira Loka

Hai, Kuda Nil!

Hai, Rangkong!

Hai, Tapir!

Desain
Seluruh proses desain diciptakan dan dikerjakan oleh Ojan. Setelah mendapatkan foto-foto hewan dari kebun binatang, Ojan mulai membuat sketsa hewan dengan acuan dari foto-foto tersebut. Sketsa inilah yang kemudain diolah secara digital lalu dijadikan desain pattern. Tugas berat dalam proses ini adalah memilih desain mana saja yang akan dipamerkan. Dari beberapa desain pattern yang diciptakan oleh Ojan, akhirnya kami memilih 9 desain pattern yaang  tampil dalam 11 frame yang berbeda.

hasil olahan sketsa

Salah satu elemen pendukung kebun binatang Ojanto adalah instalasi figur-figur hewan yang terbuat dari triplek. Sebelum bekerjasama dengan HONFablab, kami sempat berpikir untuk membuat sendiri figur hewan-hwan kami menggunakan gergaji kecil. Tentu saja hal itu akan memakan waktu yang sangat lama dalam pengerjaannya, sementara kami tidak punya banyak waktu. Untung saja kami berkenalan dengan ShopBot, mesin pintar milik HONFablab yang mempu memotong material secara presisi sesuai dengan perintah kita. Proses pembuatan instalasi ini berlangsung dengan lancar dalam waktu yang efektif. Detail mengenai proses ini kami tuliskan dengan lebih rinci pada postingan ini.

Kanguru!

Proses Sablon
Hampir sama seperti proses sablon ketika kami akan membuat produk. Dimulai dengan menentukan warna, mencampur cat sablon dengan warna yang kami inginkan,  menyiapkan screen sablon dan peralatan lainnya, semua tahapan ini kami lakukan tidak jauh berbeda dengan proses sablon ketika akan membuat produk. Bedanya hanya pada kuantitasnya. Karena desain pattern ini kami maksudkan untuk menjadi karya, maka kami sangat membatasi jumlah produksinya.

kami mengerjakan seperti biasanya

taraa!

ready to print!

taraaa!

Mural
Membuat mural adalah bagian dari usaha kami untuk memvisualisasikan Kebun Binatang hasil imajinasi kami. Sebenarnya Ojan sudah menyiapkan semacam cetak biru utnuk menjadi patokan dalam menggambar. Namun pada akhirnya, yang kami lakukan adalah menggoreskan pensil kami sesuka hati ke tembok putih polos, and that was really fun!! :D

Putri bermural

Ojan bermural

Alasan dibalik warna abu-abu pada mural kami adalah agar mural ini tetap menjadi background yang mendukung pattern warna-warni pada dindingnya.

Display
Proses display berlangsung selama dua hari. lebih lama dari yang kami perkirakan sebelumnya. Karya-karya kami digantung menggunakan senar dan disejajarkan secara presisi satu sama lain. Pada proses ini kami dibantu oleh teman-teman baik kami yang sudah sangat berpengalaman yaitu Gading, Didon dan Nopleng.

best frame service in Jogja - Mas Yudi Pigura

display on the run

the catalog

History Book and Free Calendar

wall text

Hari Pembukaan Pameran
Hari pembukaan pameran rasanya seperti mendapat kejutan. Senang sekali melihat begitu banyak teman-teman dan wajah-wajah familier yang datang hari itu. Dan ternyata tidak sedikit pula wajah-wajah baru yang juga mengunjungi pembukaan pameran kami.

Pembukaan pameran diawali dengan speech dari Dito Yuwono sebagai perwakilan dari LIR space. Disusul dengan  sedikit penjelasan dari kami mengenai pameran ini. Dan setelahnya secara resmi dibuka oleh Dito Yuwono. Setelah itu, teman-teman baik berkumpul, memberikan ucapan selamat, dan bersama-sama menikmati sore hari sambil dihibur oleh Diwa dan Evan yang tampil akustik.

suasana di luar ruang pamer

teman-teman baru banyak yang hadir

silakan..

menikmati sore bersama-sama

Cameleon

Kanguru!

Rangkong dan Kakak Tua

display 1

display 2

display 3

display 4

Closure
Beginilah pembuatan Kebun Binatang Ojanto. Sungguh merupakan 3 minggu yang seru bagi kami yang terbayar dengan nilai yang sepadan. Semoga saja apa yang kami suguhkan berkenan bagi teman-teman. Dan semoga pameran ini menjadi awal bagi tewujudnya mimpi-mimpi kami selanjutnya. Terima kasih buat semua pihak yang sudah mendukung! :D terima kasiih


ditulis oleh : Putri
dokumentasi foto oleh : (Ojan, Putri, Wandirana, Vita)

11 komentar:

andriani retno mengatakan...

wihii gembiraa loka,jadi inget jaman kecil sering kesana :)

selamett ya ojan & putri pamerannya
mauu bgtt dateng ihh...kapan bikin di jkt?? pastii ditunggu sama fans2nya ojantoo disini :))

Ajeng Sitoresmi mengatakan...

sukaaaa!!!

(khususnya mural-nya)

Paulus Phoek mengatakan...

Pamerannya keren.
Sangat menginspirasi dan memberi semangat.
Nampak sekali ada "hati" dalam karya kalian. hehe..
Sabtu, tgl 11 Feb kemarin; aku, Kiky, I'id, Ary dan Sari menikmati kebun binatang Ojanto.
Kami ada di Lir Shop dari jam 5 sore sampai jam 8 malam.
Tapi sayang gak bertemu kalian.

Selamat dan tetap berkarya! :)

Fitria Agustina mengatakan...

salut untuk seluruh ide2 kreatifnya ;D
hebat.

OJANTO mengatakan...

Andriani Retno :
hihi. terima kasiiihhhh :)
aaahh.. pengen sekali bisa pameran di jkt.. hahaha... :))
semoga saja ya.. amin.
maturnuwun.. :)


Mba Ajeng :
maturnuwuuuunnnn... :)) hayo km kok ndak ngetok.. ? hihihi
maturnuwun mbak :)


Paulus :
iyaa.. aku liat di buku tamu nya kemaren..
sayang ya kita ga ketemu.. padahal pengen bercerita.. :)
anyway, sakses ya buat bukunya! I wanna get one! hihi


Fitria Agustina :
terima kasih sekali mba Fitria.. :)

Chesiria Tattia mengatakan...

gembira loka !!
kangen pengen kesana lagi..udh hampir 25 tahun ngga ke gembira loka..terakhir umur 5 thn !

very inspiring Ojan dan teman2..keep the good work..:)

OJANTO mengatakan...

hayooo looooo!!! ayo balik lagi.. 25 tahun udah berubah banget pasti gembira lokaaa.. atau coba cari foto2mu waktu itu.. hahaha.. :))


terima kasih mba Chessie :)

Mulyana (moels) mengatakan...

bravooo... selamat ya Ojan, sukses trus buat karya karya nyak :)

OJANTO mengatakan...

yeeeeyyy~~~~~ terima kasih sekali mas Moelss!!! :D

Rega Ayundya Putri mengatakan...

AAH suka display dan katalognya :3 selamat untuk semuanya!

OJANTO mengatakan...

aahhh Rega... terima kasiiihh terima kasih sekali dukungannya :D

Share This

Related Posts with Thumbnails