followers

Senin, 20 Februari 2012

On Day Monday #27 | Chesiria Tattia | Connecting The Dots

Saya pikir istilah ‘Connecting The Dots’ sangatlah tepat untuk cerita yang berikut ini. Dipelopori oleh seseorang bernama Chesiria Tattia (Chessie), didukung oleh semangat kebersamaan, maka lahirlah sebuah ruang baru lagi bernama Indonesian Crafter. 

 Chesiria Tattia

Nah, fans berat pisang goreng dan es teh manis ini diberkahi ide besar untuk mewadahi crafter-crafter di Indonesia, yaitu dengan membuat Indonesian Crafter.  Forum ini semakin hari semakin ramai, banyak sekali inspirasi datang dari mana-mana, banyak informasi menarik juga, dan tak pernah surut tiap harinya. Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi group di facebook berikut ini. 


Menurut pandangan saya, Indonesian Crafter adalah sarana penyambung titik-titik crafter Indonesia yang tersebar. Nah, untuk jauh lebih tahu tentangnya, mari simak obrolan langsung dengan mbak Chessie. (-:


1. Kamu suka produk-produk local handmade? Kenapa?
Saya suka banget dengan produk lokal handmade soalnya unik..mencerminkan karakter dari desainernya. Buat saya produk handmade buatan anak negeri sudah patut disaingkan dengan buatan luar negeri..baik dari segi kualitas, desain, kenyamanan saat dipakai, detail-detailnya.

Dengan menyukai produk lokal handmade buat saya berarti menghargai desainer lokal juga. Kalo sekarang ada yang belum menyukai produk handmade lokal, coba lihat produknya Cemprut, Sawo Kecik, Ideku Handmade, Sew Stories, Nest of Ojanto, dll..pasti bakalan langsung suka..dan ngga akan percaya kalo semua produk mereka dibuat oleh tangan lokal.. :)

2.  Menurutmu crafter itu apa sih?
Crafter itu seseorang dengan ide-ide unik, aneh, dan brilian yang dituangkan ke dalam media apapun tanpa batasan apapun, hingga menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati orang banyak.

3.  Apa yang mendasari kamu bikin (mempelopori) Indonesian Crafter?
Yang mendasari saya membuat Indonesian Crafter sebenernya saya kepengen ada satu wadah berkumpul dengan para crafters ini  ngga hanya ketemu saat ada event atau bazaar atau pameran aja. 

Dan saya ini crafters pemula..pada dasarnya, saya pengen sharing pengalaman, dan mendapat ilmu dari crafters yang udah senior..jadi saya waktu itu inbox (di facebook) beberapa temen crafters untuk ketemuan di suatu tempat trus cerita-cerita pengalaman mereka. Sebab kalo di suatu event itu kan waktunya sempit banget..ga bisa puas cerita-cerita, foto-foto, dan mereka juga mesti jaga stand-nya masing-masing.

Akhirnya para crafters malah menyarankan temen-temen yang lainnya..jadi seperti bola salju, jumlahnya bergulir terus..yang mau ikut ketemuan bertambah banyak. Agak keteteran awalnya, tapi akhirnya dengan bantuan Mba Dini dari Capungmungil, kami bikin group Indonesian Crafters di facebook.

Sekarang para admin Indonesian Crafters ada saya (seksi acara dan bandar arisan..hahaha..), Mba Dini dari Capungmungil (mengatur tema postingan di group), dan Mba Nuning dari Blessedly Blissful Craft (penerimaan member baru).

Jumlah member kami bertambah banyak, yang tadinya hanya sebatas peserta yang ikut arisan, berkembang terus sampai sekarang hampir 200 member.

Istilah kami sekarang "dapet atau ngga dapet arisan yang penting ngumpul"..hehehehe..

teman-teman yang ikut arisan

4.  Mau dibawa kemana aja sih Indonesian Crafter ini?
Today Indonesia, Tomorrow The World..hehehehehe.. Jangka pendeknya kami ingin lebih banyak lagi crafters yang ada di Indonesia bisa berkumpul di dalam group kami.

Kami juga pengen setiap bulan punya kegiatan rutin yang diprakarsai oleh para member kami. Event dan kegiatannya bisa apa aja yang penting berhubungan dengan dunia per-handmade-an..:)

Kalo jangka panjangnya pasti pingin Indonesian Crafters mendunia. Makanya saya lagi semangat-semangatnya untuk memperkenalkan dan promosi tentang Indonesian Crafters pada teman-teman saya yang tinggal di luar negeri.. Baru sebatas teman sendiri, tapi lumayan feedback-nya jadi ada yang tau tentang kegiatan kami dan ikut memperkenalkan lagi group Indonesian Crafters ke temen-temen bulenya. Jadi semacam marketing word of mouth ya. 

5.  Apa sih yang pengen ditonjolin ke dunia dari Indonesian Crafter ini sendiri?
Para crafters kami tentunya. Crafters kami ini masing-masing mempunyai karakter yang unik dan khas. Pinginnya dunia tau bahwa crafters dari Indonesia sangat kreatif dan ngga kalah dengan crafters luar negeri.

6. Kegiatan dari Indonesian Crafter itu apa aja?
Kegiatannya sampai saat ini yang rutin dan yang sudah berjalan memang baru Arisan Crafters. Tapi saya sedang approach teman-teman yang punya event organizer untuk bisa bikin semacam craft carnival rutin khusus barang-barang handmade.

Lalu sudah menghubungi beberapa sekolah dan universitas apakah kami bisa memberikan semacam workshop untuk murid-muridnya dengan tutor dari para crafter member kami secara bergantian.

Untuk kegiatan sosial juga ada beberapa yang sedang direncanakan. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar. 

Banyak ide untuk bikin acara sebenernya, pingin bikin ini..pingin bikin itu..hanya saja semuanya perlu direncanakan secara matang supaya hasilnya juga ngga mengecewakan. Doakan aja supaya Indonesian Crafters makin solid ya..

sedikit dari Indonesian Crafter

Buat saya pribadi para member IC ini adalah my extended family, jadi saya sayang banget sama mereka. Menurut saya, kita memang ngga bisa memilih siapa keluarga kita, tapi kita bisa memilih teman-teman yang bisa kita jadikan keluarga.

workshop sewaktu arisan

7. Quotes favorit?
“Friendship is born at that moment when one person says to another: 
"What! You too? I thought I was the only one.” ― C.S. Lewis

Begitulah obrolan singkat saya dengan Mba Chessie. Walau hanya via email, tapi terlihat bahwa ada semangat yang kuat disertai tindakan untuk ‘connecting the dots’. Besar harapan supaya nantinya Indonesian Crafter akan membawa manfaat bagi dunia per-handmade-an Indonesia ya. Semoga energi positifnya selalu terpancar ke seluruh teman-teman. (-: 

Ondeee mandeee...!! :D

Nama lengkap : Chesiria Tattia 
Web/blog         : www.littlemisschesie.blogspot.com 
twitter : @chesiriatattia


INDONESIAN CRAFTER

16 komentar:

asimetris mengatakan...

hidup Indonesian Crafter,,,!!! :p

OJANTO mengatakan...

horeee.. :D

Chesiria Tattia mengatakan...

sempet pingsan sesaat..hahahahha..makasih ya Ojan dan teman2 di Jogjakarta atas dukungannya..kalian semua para crafter sebenernya sumber inspirasi saya.
Tambah semangat mengurus IC deh nih kalo gini..:)

andriani retno mengatakan...

yeayyy..ibu korrdinatorr :))
hihihi akhirnya ada juga indonesian crafter..bisa saling kasih info dan topik2nya seruu :))
Go IC :)

OJANTO mengatakan...

mbak Chesiria :
maturnuwun atas obrolannya ya.. :)

mbak Andriani :
ciee.. ibu koordinatorrr.. hahaha :))
semangat semangat!! :D :D

terima kasiiihh :D

aphrodita wibowo mengatakan...

ada namaku dibawa-bawa,hehe... terima kasih mbak chessie dan semua yg mewujudkan keeksisan crafter di Indonesia :)

OJANTO mengatakan...

eh kamuuuu.. ikutan eksiss doong.. hihihi :D

semangat semangat! :D

Ekbess mengatakan...

Tapi yang bikin kecewa karena selalu di Jawa dan sekitarnya saja yang bisa menjangkau kegiatan2 Indonesian Crafter :(
Kita yang jauh nan di sini...tak bisa banyak ikutan...hehehe...

OJANTO mengatakan...

masukan yang sangat menarik.. hihihi.. semoga mba Chessie ikutan baca yaa..

eh jangan syediihh.. justru yang jauh2 juga harus bs bikin sesuatuk sendiri.. jangan terpaku pada apa yang ada di jawa. hihihi

tetap semangat mbak! :D uhuy~

Chesiria Tattia mengatakan...

mba ekbess..

wwaahh..kita juga png ke sana nan jauh..tp mst direncanakan dulu matang2..siapa tau ntar kl udh makin gede (dan mudah2an dpt sponsor) kita bisa tour crafters..amiieenn..

doakan ya mba, sementara ini kita berhubungan lwt dunia maya dulu. jauh di mata dekat di hati ah pokoknya sm mba ekbess..:)

OJANTO mengatakan...

selamat bertemu :D

Mad Crafter mengatakan...

Jangan lupa, setiap bulan ada kegiatan monthly challenge, saat crafter2 Indonesia (dimanapun berada)untuk unjuk keterampilan, hehehe .. mba Ekbess tetep semangat yaaa .. ^^

Ekbess mengatakan...

Sip...sip...
Makanya saya tanggal 12 Maret sampai entah kapan (belum dapat tiket pulang yang super murah soalnya, hehhe) mau keliling, Bandung, Jakarta, Jogja cuma buat Crat Tour ;)
Mau ketemu semua mua yang sudah menginspirasi banyak dari dunia maya...hehehe...

sampai ketemu :)

OJANTO mengatakan...

waa.. catet iniii.. representatif dari makassar mau dateng.. siap2 ahhh! hahaha :))

EnySaja mengatakan...

numpang nimbrung... thanks to Indonesian Crafter.. jadi dapat banyak ide dan ilmu setelah gabung di grup ini.. semoga tambah sukses ke depannya buat Indonesian Crafter ya.. :)

OJANTO mengatakan...

alhamdulillahhhh.. haha.. ikut senang :D yey!

Share This

Related Posts with Thumbnails