followers

Kamis, 23 September 2010

The Spell's D.I.Y broche and make-up bangles

halo,
senang sekali akhirnya bisa memposting sesuatu disini.
perkenalkan, saya Putri dan ini adalah project D.I.Y saya.

untuk project pertama, saya membuat asesoris dari kain perca.dont you all girls just looove accessories? apalagi kalau bisa bikin sendiri, pasti lebih menyenangkan ya :)

asesoris yang saya bikin ini memang bukan ide baru, tapi sedikit sentuhan personal bisa membuat asesoris bikinan sendiri jadi lebih unik. wanna have a try?



siapkan dulu semua kebutuhannya. bahan utamanya adalah kain perca. kalo gak punya kain perca di rumah, coba deh ngubek2 pojokan lemari, siapa tau ada baju lama yang udah gak pernah dipakai dan memiliki motif yang menarik. it is definitely can be used.
 
  

kebutuhan berikutnya adalah, lem tembak, beads/manik2/kancing, tali suede/tali dadung (bisa tali apa aja yang kamu suka), gelang polos (coba liat koleksi bangles yang udah bosen dipakai, saatnya disulap jadi baru), peniti bross (bisa dibeli di toko jahit atau toko asesoris), dan gunting. now we're ready to play around with them :)

yang pertama adalah membuat Broche (bross) dari kain perca.

  

gunting perca dengan ukuran 4-5cm. panjangnya bisa disesuaikan. semakin panjang percanya, semakin besar juga hasilnya.
disini saya menggunakan 2 motif kain untuk kombinasi. kalau mau yang polos atau satu motif juga bisa, atau biar lebih seru, kombinasikan bermacam2 motif perca yang kamu punya.

  

berikutnya, satukan 3 helai perca, pastikan ukuran panjangnya sama ya, lalu bikin simpul di ujungnya. setelah itu mulailah mengepang helai perca seperti mengepang rambut adik :)

  

lembaran perca yang sudah terkepang dan ujungnya sudah tersimpul dengan baik bisa segera digulung untuk membuat bross. ga ada teknik khusus untuk menggulung kepangan ini, ikutin aja panjangnya kepangan dan gulung terus sambil sesekali beri lem di setiap setengah putaran.
rapikan ujung kepangan dengan lem, atau bisa juga disisakan untuk aksen rumbai.

  

nah sekarang gulungan kepang sudah berbentuk seperti bunga, berikutnya adalah memberi hiasan beads/kancing sesuka hati di tengah bross. bisa dijahit, atau ditempel dengan lem. kemudian bagian bawahnya diberi lem untuk menempelkan peniti. beri tekanan sedikit supaya lem menempel kuat.

  

look! now you got your own rosettes broche, bisa disematkan di tas, di dress, atau dimanapun sesuai kreasi. biar lebih ramai, bikin beberapa bross, put it all together, and you'll look flowery beautiful :)

now up to our next accessory, a make-up bangles.

  

gunting perca dengan ukuran 1 cm, sesuaikan panjang perca dengan kebutuhan lilitan gelang. kalau gelang kamu besar dan tebal, berarti membutuhkan perca yang agak panjang.


sekarang mari mulai melilit. beri lem di bagian dalam gelang dimana kita akan memulai lilitan, lalu tempelkan ujung perca. mulailah melilitkan kain ke gelang sambil sesekali beri lem supaya lilitan kain tetap rapih. lilitkan terus sampai menutupi seluruh permukaan gelang. pstikan akhir dari lilitan perca berada di bagian dalam gelang supaya hasilnya rapih.

  

sampai disini sebenernya kita udah punya gelang yang baru lhooo. but, to add something sweet, saya mengikatkan tali yang diberi manik2 ke gelang perca. kombinasikan manik2 yang kamu punya dan sesuaikan warnanya dengan kain perca, lalu ikatkan ke gelang seperti yang terlihat di gambar.

sedikit tips dari saya, when dealing with kain perca dan membuat asesoris seperti di atas, yang agak menyebalkan adalah serat2 kain yang mencuat kemana-mana. sebenarnya, serat kain yang mencuat bisa jadi tekstur yang menarik untuk asesoris kamu, to me it looks beautifully messy haha, tapi kalau serat kainnya terlalu menyebalkan buat kamu, bisa dirapihin aja dengan gunting.

mudah yaaa :)
kalau begitu, selamat berkreasi!

see you soon,
Putri.

7 komentar:

melanotropika mengatakan...

sungguh saya berminat dalam hal seperti yang mas ojan lakukan... ijinkan saya membuat karya saya dari hasil tutorial Anda...
thanksss*-*

melanotropika mengatakan...

hi mas ojan,
salam kenal...saya sungguh tertarik dg bidang ini, saya berminat membuatnya, maka ijinkan saya membuat barang2 tsb hasil tutorial blog ini...

thanks *-*

OJANTO mengatakan...

melantropika :
WAW! kami sangat sangat senang lho :)
itu berarti tutorial ini bermanfaat.

iya, silakan, dan sekali lagi silakan :)

kami akan lebih senang lagi kalau kamu bisa kasih kami follow up hasil kerajinanmu ya.. :)

salam kenal

an.indya. mengatakan...

halo..
mampir ke blog ini dari tobucil. nice work! i made that my self tapi cuma di pelintir ngga dikepang (cari gampang) :p

and yeah, saya baru aja klik jadi follower blog ini. saya taruh link ini di blog saya ya ;) inspiring soalnya..

cheers,
anindya

OJANTO mengatakan...

halooo!! waw senang sekali ada kunjungan dari mbak Anindya. :)

saya juga udah maen ke blogmu mbak. udah following juga..

btw, terima kasih ya karena udah nge-link :)

kami senang! :D

tetap semangat dan kreatif!

salam,

ojanto

Anonim mengatakan...

Hi..
Thanks ya buat ide nya !
Membantu bngt dlm tugas q..
Jadi g bingung agi dech..
Thankyou.
Salam..
~Git~

OJANTO mengatakan...

Git :
iya.. semoga bermanfaat yaaa :D

Share This

Related Posts with Thumbnails