followers

Senin, 04 Juni 2012

On Day Monday #42 - HONFablab


Huallloo!! On Day Monday datang lagi. Kali ini kita akan ngobrolin tentang salah satu laboratorium kreatif di Yogyakarta, namanya HONFablab. Nah, sejujurnya saya sedang dalam proses magang di laboratorium ini. Untuk tahu lebih jauh soal lab yang satu ini, mari kita simak ceritanya! :)


Apa sih HONFablab itu? Tujuannya apa?
HONFablab adalah sebutan kami untuk Fablab Yogyakarta yang di host oleh HONF Foundation (House of Natural Fiber Foundation), yang berdiri sejak 29 Juli 2011. Fablab adalah laboratorium lokal dengan jaringan global untuk kebutuhan personal digital fabrikasi. Dan nama Fablab selalu merujuk pada kota/Negara dimana Fablab tersebut didirikan. 


Konsep Fabrication Laboratory pertama kali dibawa oleh Prof. Neil Gershenfeld di sebuah Media Lab di MIT Boston, sebuah kolaborasi dari gerakan Grassroots Invention Group dan Pusat  Bit dan Atom (CBA) di Massachusetts Institute of Technology (MIT) , kemudian kontennya disebar luaskan ke seluruh penjuru dunia, dan mempresentasikan bagaimana teknologi memperkuat sebuah komunitas pada level grass root. Ketika Grassroot Invention Group sudah tidak lagi menempati Media Lab tersebut, Konsorsium Pusat untuk Bit dan Atom  masih dengan aktif terlibat untuk mengembangkan dan meneruskan riset di area-area yang terkait dengan bidang penelitian dan fabrikasi .

Dengan konsep bahwa Fablab (Fabrication Laboratory) menyediakan satu tempat untuk kebutuhan personal fabrikasi bagi individu-individu baik itu desainer produk, desainer industri, arsitek, pengrajin/crafter, seniman. Pelajar/mahasiswa atau beragam profesi lainnya.


Beserta dengan jaringan yang dimilikinya, setiap Fablab menyediakan juga fasilitas komunikasi dengan Fablab2 yang lain sehingga, Fablab tidak hanya sebuah laboratory/workshop untuk pembuatan karya-karya, namun juga tempat untuk mengakses dan berbagi pengetahuan baik desain dan teknis, memperkaya jaringan karena Fablab juga tempat untuk bertemunya dengan individu-individu lain baik lokal ataupun yang tersebar di Fablab2 pada belahan dunia yang lainnya.

Apa yang bisa dilakukan oleh orang-orang di HONFablab?
Masyarakat bisa menggunakan fasilitas Fablab untuk kebutuhan fabrikasinya, baik itu berupa pengembangan karya atau produk pada skala prototyping dengan menyewa mesin-mesin tersebut dalam hitungan penyewaan per menit sejak mesin dijalankan/dioperasikan. Untuk harga penyewaan, bisa dilihat pada website HONFablab (www.honfablab.org).


Namun, masyarakat juga bisa memanfaatkan OPEN DAYS (hari bebas sewa) setiap hari Rabu dan Jumat, mulai pukul 13.00 hingga 18.00 untuk belajar memahami alat-alat/mesin sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Secara singkat, jenis kegiatan yang ada di Fablab Yogyakarta adalah kegiatan workshop/bengkel digital fabrikasi yang bisa dimanfaatkan oleh desainer, seniman, mahasiswa teknik, mahasiswa desain, pengrajin dll untuk dilatih menggunakan mesin-mesin fabrikasi demi tujuan dan kebutuhan masing-masing individu atau kelompok untuk menciptakan karya, baik secara fungsional, estetis, inovatif atau pengembangan dari produk yang ada di pasaran.

Saya dengar, HONFablab itu bersifat opensource. Apa maksudnya? bolehkan dijelaskan? :)
Open Source atau Open Desain di sini dimaksudkan bagi siapapun yang mengembangkan karya/produk dalam skala prototyping dengan menggunakan fasilitas Fablab, hak cipta atau copyright adalah milik mereka (desainer atau yang mengembangkan) namun pengetahuan akan teknis dan hal-hal yang bersifat pengetahuan “HOW TO” wajib dibagi melalui Fablab, dan Fablab akan mempublikasikan karya-karya tersebut melalui website dalam kategori “FAB FRUIT” sehingga masyarakat atau individu lain baik lokal atau internasonal bisa terinpirasi dan termotivasi dengan karya-karya tersebut, atau bahkan ingin mengembangkan karya tersebut dengan penambahan-penambahan atau dengan kata lain diperkaya lebih jauh lagi dan dikembalikan pengetahuannya melalui Fablab.


Apa saja alat-alat yang bisa digunakan?
Alat-alat yang bisa digunakan di Fablab Yogyakarta:
1. Shopbot CNC Router
Alat ini digunakan untuk pembuatan furniture atau produk-produk berbasis kayu dengan metode potong/pahat secara digital, yang dioperasikan dengan komputer.

2. Laser Pro 60W
Alat ini digunakan untuk memotong dan meng-grafir/menggores hampir semua bahan kecuali baja atau besi, dioperasikan secara digital dengan komputer.

3. Roland Modela Vinyl Cutter
Alat ini digunakan untuk memotong bahan-bahan berbasis vinyl atau sticker untuk pembuatan produk-produk sticker ataupun lembaran vinyl dengan desain yang special, dioperasikan juga secara digital dengan komputer.

4. Roland Modela Milling 
Alat ini digunakan untuk pembuatan papan-papan sirkuit elektronik dengan metode pahat dan potong, dan juga untuk memahat bahan-bahan dengan ukuran kecil dan mikro, dioperasikan secara digital dengan komputer.

5. Singer Futura CE250 bordir
Alat ini digunakan untuk membuat border pada kain/kaos dengan metode transfer gambar dari foto atau vector ke border, dioperasikan dengan komputer.

Dan beragam alat-alat atau hardware tool analog yang juga disediakan di Fablab.


Apa saja yang pernah dibuat di HONFablab? (supaya bisa menjadi referensi buat pembaca)
Karya-karya yang pernah dibuat di Fablab kita publikasikan pada halaman website Fablab pada menu “FAB FRUIT”. Disitu masyarakat bisa melihat dan barangkali akan terinspirasi.



Kemudian, saya dengar HONFablab sedang mengadakan event unik dan menarik bertajuk WIN+PLAY. Bisa dijelaskan tentang event itu?
WIN+PLAY atau singkatan dari Window Display adalah sebuah ajang kompetisi desain dan fabrikasi yang diselenggarakan oleh Fablab dalam program yang diberi nama Creative Incubation. Program ini dimaksudkan untuk menciptakan infrastruktur bagi masyarakat untuk menggunakan Fablab sebagai wadah penciptaan karya-karya yang memiliki tujuan entrepreneurship/kewirausahaan. 


Pada ajang ini, para kontestan kami undang secara tertutup yaitu menunjuk pada empat universitas besar di Yogyakarta (UGM, UKDW, USD dan ISI) dengan format grup untuk berkompetisi menciptakan karya window display pada butik/toko partner official Fablab, yaitu Lee Cooper Indonesia di Mall Malioboro.

Para grup kontestan dijadwalkan untuk mendapatkan akses ke Fablab yang terbagi dalam fase-fase:
1. Pengenalan fasilitas Fablab
2. Bedah brief dan ide untuk pelaksanaan karya kreatif window display
3. Produksi/pengerjaan karya di Fablab
4. Finalisasi karya hingga proses display pada toko Lee Cooper yang sekaligus dimulainya system penilaian/penjurian karya

Apa hambatan mengelola HONFablab?
Hambatan yang paling menonjol adalah adanya jarak teknologi (technology gap) pada masyarakat dengan metode Fabrikasi yang disediakan oleh Fablab. Maksudnya adalah masyarakat masih relatif awam dengan metode desain dan fabrikasi digital pada penciptaan karya-karya 3 dimensi berikut juga pada sisi teknisnya. Juga, pada metode DIY (Do It Yourself) yang senantiasa diterapkan oleh Fablab dimanapun, bagi masyarakat di Yogyakarta khususnya, masih terdapat keengganan merujuk pada jarak teknologi tersebut.

Dan hambatan yang lainnya adalah dari segi penciptaan modul bisnis (business module) yang tepat bagi Fablab untuk diterapkan kepada masyarakat sebagai sebuah infrastruktur kewirausahaan yang sistematis dan berkesinambungan.


Apa mimpi-mimpi ke depan HONFablab?
Mimpi Fablab Yogyakarta adalah menjadikan Fablab sebagai one stop digital fabrikasi dengan memiliki infrastruktur akses yang nyaman, sistematis dan berkesinambungan bagi individu-individu/masyarakat baik itu pada kategori pembelajaran, pengetahuan, seni, kolaborasi, dan bisnis.


Apa quotes favorit HONFablab?
Quote yang juga merupakan official campaign pada Fablab adalah: “to Create (Almost) Anything”


Wow! cerita yang seru kan? Nah, buat yang tertarik, silakan datang ke sini. Atau silakan berkunjung ke acara WIN+PLAY yang dibuat oleh HONFablab pertengahan Juni nanti. Ondeee mandeee.. :D

HONFablab (Fablab Yogyakarta)
Jl. Taman Siswa no.59 Mergangsan, Yogyakarta
www.honfablab.org
http://www.facebook.com/fablab.yogyakarta
@honfablab

6 komentar:

sabilablabla mengatakan...

wah berguna banget infonya. makasih ya

OJANTO mengatakan...

terima kasih sudah mau berkunjung :)

ndt equipment mengatakan...

mantep banget gan infonya, terima kasih

OJANTO mengatakan...

sama sama.. terima kasih sudah berkunjung ;)

Lina mengatakan...

dari dulu saya penasaran bgt mas sama HonFablab, tapi gak pede masuk ke tokonya. hehe, akhirnya dapat pencerahan juga. nuhun mas :]

OJANTO mengatakan...

sama sama.. semoga bisa membantu dan tidak membuatmu takut untuk masuk ke dalemnya :)
mari silakan mampir :)

Share This

Related Posts with Thumbnails