followers

Senin, 19 Maret 2012

On Day Monday #31 | Sunday Meet Craft

Orang ini selalu membuat saya kagum dengan berbagai loncatan-loncatan ide yang menarik. Dialah Tampan Destawan. Dia pernah masuk On Day Monday dengan idenya yang mengajak banyak orang untuk menggambar bersama di hari Minggu pagi.

Di tengah hiruk pikuk craft sekarang ini, Desta hadir dengan satu ide bernama Sunday Meet Craft. Sebuah aktivitas yang mengajak kita untuk make things by hand in a fun way! Mau tahu lebih jauh? yuk kita simak saja obrolan singkat dengan Desta. :)

Desta

1. Apa sih alasan dibalik terciptanya Sunday Meet Craft ini?
Kita semua masing masing suka bikin craft. Nissa suka bikin sulaman, Budi suka suka bikin hal-hal yang lucu, Rizal maniak jepang yang suka craft2 jepang, aku suka mainan kertas. trus kepikiran untuk bikin project SMC ini.

Konsep awalnya ngelapak keliling. Tiap minggu kita pindah tempat. Tapi untuk sementara kita ngelapak (dibaca: ngantor) di sunmor dulu, biar pada tau dulu SMC ini apa. Nah, nanti sekali-kali kita akan keliling. Ke Solo, Semarang dan kemana pun kami ingin melangkah.
*sunmor adalah sebutan untuk sunday morning, sebuah pasar dadakan yang digelar di wilayah kampus UGM bagian timur setiap Minggu pagi.

salah satu poster Sunday Meet Craft

2. Kegiatannya apa aja?
Selain jualan kita berusaha terus mengadakan workshop gratis tiap minggunya. Kedepannya juga kita mau ngadain minum teh bareng juga, jualan roti buatan sendiri kayaknya asik juga. 


craft real market


Desta sedang ngajarin bikin topeng binatang

3. Pengen dibawa kemana sih SMC ini? Cita-citanya apa?
SMC mau dibawa keliling, hahaha. Yang jelas harapannya sih terus bisa tetep kreatif, dan asal kita ngerasa masih menyenangkan ya itu udah cukup, dan dilakoni terus.

4. Menurut opinimu, seperti apa sih dunia craft di indonesia saat ini? Di Indonesia?
Wah kalo ngomongin dunia craft di indonesia sangat luas, banyak yang aku belum tahu tentang hal ini. Banyak craft2 asli Indonesia yang masih menjadi harta karun, orang-orang belom banyak yang tahu.

Sekarang banyak anak-anak muda yang mulai interest di dunia ini. Masing-masing mereka berlomba-lomba membuat produk mereka sendiri. Hanya saja kalau ngomongin craft Indonesia, aku masih ngerasa monoton. Semuanya sama, kurang eksploratif dan inovatif, khususnya yang berhubungan dengan produk tradisi.

Mungkin karena masih minimnya media yang membahas khusus tentang craft di Indonesia. Kurang refrensi. Tapi masih ada internet untuk menolong hal ini, jadi lebih kreatif aja seh. Khususnya Jogja. Masih ketinggalan sama beberapa kota besar lainnya.


5. Kami mau tau dong tips2 untuk bisa keep think and act creatively versi Desta.
Selalu mencari kompetitor. Selalu pengen tau, tapi fokus.

6. apa quotes favoritmu?
untuk saat ini:
"How to dissapear completely"


Nah, begitulah cerita tentang Sunday Meet Craft. Di sana terlihat sekali semangat yang besar untuk bersenang-senang dengan craft. Jika kalian tertarik untuk ikutan atau bergabung, langsung saja pantengin informasi dari page facebook mereka di sini. Monggo.. :) Ondeee mandeee....

visit them here:
Sunday Meet Craft

Tidak ada komentar:

Share This

Related Posts with Thumbnails